Macam-macam Web Server Localhost

web server local, web server, web server localhostLocalhost adalah sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer adalah server, dan server adalah komputer. Namun sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain.

Maksudnya adalah kita bisa mengakses virtual server dari sebuah komputer menggunakan komputer atau media lain sepanjang akses port-nya dibuka.

Hehe, terdengar techie ya.. Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran yang cukup.

Sebelumnya saya telah menulis tentang aplikasi web server dan apa kegunaannya. Dan sekarang saya ingin menuliskan macam-macam aplikasi web server populer yang banyak tersedia di internet, dan bisa kita gunakan secara gratis.

XAMPP

Xampp merupakan salah satu aplikasi web server cross platform yang bisa dipakai di komputer Windows, Linux, maupun Mac. Di modul ini sudah tersedia modul Apache, MySQL, dan FileZilla.

Ini adalah salah satu tools favorit para web developer, baik yang pemula maupun expert. Dengan XAMPP, kita bisa menginstal aplikasi berbasis Apache Web Server hanya dengan beberapa klik.

XAMPP dikembangkan oleh Apache Friends. Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resminya di ApacheFriends.org. Free!

WampServer

Sama seperti XAMPP, pengoperasian hampir mirip namun lebih kompleks, karena WampServer bisa dipergunakan untuk langsung online.

WampServer banyak digunakan oleh para developer untuk menguji script yang telah dibuatnya sudah layak untuk mengudara atau belum, dan bahkan ada beberpa server yang juga menggunakan WampServer.

WampServer ini sering dipakai untuk melihat website langsung secara online sebelum dipublikasikan. Karena belum tentu server Localhost yang menggunakan XAMPP sudah benar-benar sempurna tampil secara online. Untuk mendapatkan WampServer dapat diakses melalui WampServer.com.

IIS

IIS merupakan platform web server bawaan Windows. Jadi jika Anda pengguna Windows 7, bisa langsung menggunakannya hanya dengan menginstal aplikasi NetFramework yang bisa di download di repository Microsoft.

Jika Anda adalah pengguna ASP, aplikasi IIS ini cocok untuk digunakan. Selain itu, IIS mempuyai fitur keamanan yang lebih ketat.

AMPPS

AMPPS merupakan aplikasi webserver ciptaan Softaculous dan bisa digunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan, karena AMPPS sudah mendukung banyak pengaplikasian, control panel yang sudah dapat diakses melalui browser dan sudah terintegrasi dengan segala pengaturan seperti hosting panel dan juga dapat langsung mengatur domain setting dan sebagainya.

Softaculous Auto installer juga sudah termasuk disini, meskipun untuk memanfaatkan Auto installer ini diharuskan mempunyai koneksi internet.

Untuk mengunduh aplikasi AMPPS bisa dilakukan melalui situs Ampps.com

Itulah beberapa aplikasi web server localhost yang bisa kita gunakan dan cukup populer dikalangan para pembuat web.

Selamat mencoba!

Bincang-bincang

    • berkata

      Iya mas’e, memang kebanyakan bahasanya teknis banget, jadi kalau belum terbiasa ya akan berasa asing, hehe. Sebenarnya masih banyak aplikasi web server localhost lainnya, yang diatas hanyalah sebagian saja, yang setau saya kebanyakan dipakai oleh orang-orang.

        • berkata

          Hehe, bukan mas. WordPress merupakan salah satu aplikasi website, yang dulunya adalah platform blog, namun sekarang sudah berkembang menjadi salah satu platform CMS (content management system) yang banyak digunakan oleh pengguna internet, dan bisa kita manfaatkan untuk membuat website jenis apapun, termasuk toko online, website profil, situs membership, dan lain sebagaianya.

  1. berkata

    pak mau tanya dong. kalau mysql nya gak bisa running gimana? tadi nya sih sama apache. tp sudah bisa berkat langkah2 yg tadi di jelaskan. nah sekarang tinggal my sql nya ga bisa running. mohon bantuannya karena masih belajar. trimakasih

    • berkata

      Kalau itu saya malah belum pernah ngalami. Ini barusan saya dapat beberapa solusi dari Kaskus. Biasanya, kalo mysql nggak jalan, ini yang terjadi:

      1. Servis mySQL sudah ada sebelumnya dan belum dihapus. Coba periksa dari daftar service. Kalo di win 7 bisa dibuka dari start, search program & files terus ketik ‘services’ tanpa tanda kutip. Kalo memang ada servis mySQL coba dihapus dulu.

      2. Kemungkinan lain adalah XAMPP-control tidak berjalan dalam mode administrator, coba klik kanan XAMPP-control trus pilih Properties, klik Compatibility, terus beri centang pada “run as administrator”, coba jalankan ulang.

      3. File installer XAMPP nya corrupt, coba didownload ulang, dan pastikan sudah 100%.

      4. Sudah di restart? Kadang ada servis XAMPP yang nggak jalan setelah diinstal sebelum di restart itu komputer. Solusinya, restart komputer dulu setelah install XAMPP.

      Sumber asli bisa dibaca disini: Kaskus – Cara Mengatasi Instalasi XAMPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>