Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP

apache tidak bisa runningSebelumnya saya pernah menuliskan tentang cara menginstal XAMPP di komputer. Namun entah mengapa, terkadang Apache tidak bisa running di XAMPP. Padahal itu sangat diperlukan untuk membuat website ataupun aplikasi berbasis PHP.

Bingung? Tenang, pasti ada solusinya …

Biasanya hal ini terjadi karena ada aplikasi lain yang menggunakan port yang sama dengan aplikasi Apache XAMPP ini sehingga tidak memungkinkan untuk menjalankannya secara bersamaan.

Untuk itu, solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan merubah settingan port Apache XAMPP kita supaya bisa tetap running.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Lakukan perubahan pada file httpd.conf 
  2. Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad.
  3. Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080“.
  4. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“.
  5. Lalu Simpan.
  6. Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
  7. Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499“.
  8. Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499
  9. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499
  10. Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotak detail bagian bawah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.

Nah, kira-kira begitulah cara mengatasi Apache XAMPP yang tidak bisa running. Semoga ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang mengalami kesulitan saat menjalankan XAMPP.

Jika sudah menggunakan langkah-langkah di atas ternyata masih tidak bisa berjalan, silahkan sampaikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini, saya akan coba bantu mencari solusinya.

Semoga bermanfaat ya.. :-)

Bincang-bincang

  1. berkata

    Gak selamanya bisa gitu den, artikel di atas hanya berdasarkan asumsi bahwa port 8080 & 4499 masih kosong (tidak ada service/aplikasi yang makai). Jadi kesimpulannya adalah gantilah setting port 80 & 443 dengan port sesuka Anda, asal port tersebut belum dipakai oleh aplikasi/service yang sedang berjalan. Untuk mengetahui port yang sedang dipakai oleh komputer lokal bisa ketik netstat -an | find “0.0.0.0” di command prompt. Semoga bisa membantu…

  2. berkata

    Haduh, kenapa ya? Kok pada bilang ngga berhasil mengaktifkan APACHE di XAMPP. Dulu saya nyoba di laptop saya bisa.

    Oke deh, saya coba bantu nyari solusinya juga. Mungkin aplikasi XAMPP yang sekarang yang paling update ada perubahan yang cukup signifikan.

    Mari sama-sama nyari yak kang.. :)

  3. jojo berkata

    Kalau misalny tulisan di scriptnya “apache not found” padahal ada fileny gmn????

    • berkata

      Waduh, kalau yang kayak gini saya belum pernah Om Jojo. Apakah sudah benar-benar di install software XAMPP nya? Ketika install, apakah modul Apache nya sudah disertakan?

  4. berkata

    Assalamaualaikum. Abangaku, nanya dkit neeh, bisa ga ya 2 aplikasi dijalankan pada waktu bersamaan.

    Contoh: menjalankan wordpress offline bersamaan dengan moodle (e-learning).

    Thankyu bang admin.

    • berkata

      Waduh, kalo yg begituan saya belum pernah bang.. Mungkin bisa di tes sendiri ya, harusnya sih bisa, karena moodle kan sama-sama aplikasi berbasis web.. :)

  5. alex berkata

    Aku pake antivirus avast free versi terbaru bang. klo avast itu enable localhost gak mau running, tp klo avast itu di disable baru bisa running. Udah aku coba dg mengganti port tapi tidak ada perubahan. mohon solusi yang lain bang Nur?

    • berkata

      Waduh, nek soal ini saya juga kurang paham mas. Kalau boleh saran, daripada antivirusnya bentrok, ganti aja pakai yang lain. Kalo saya pakainya ESET sama SMADAV, semua lancar-lancar saja. Yang penting antivirus update terus.. :)

  6. berkata

    “Aku pake antivirus avast free versi terbaru bang. klo avast itu enable localhost gak mau running, tp klo avast itu di disable baru bisa running. Udah aku coba dg mengganti port tapi tidak ada perubahan. mohon solusi yang lain bang Nur?”

    kalau saya juga pake avast internet security terbaru, kasusnya sama, kalau avast aktiv, maka localhost ga bisa running, setelah saya utak atik setelan avas, ternyata firewall nya di avast itu yang memblock koneksi localhost, saya belum dapat solusi yang pas, cuma sementara ini saya pake jalan pintas aja, antivirus tetap jalan, cuma settingan firewall di avast saya matikan sementara saat saya lagi jalankan script di localhost, moga aja ada yang bisa kasih solusi yang lebih baik silahkan tambah koment ya masbro.. terimakasih

  7. berkata

    cb klik kanan xampp-control.exe ato xampp-control3.exe
    pilih/ klik run as administrator
    langkah selanjutnya spt biasa

  8. Antonius berkata

    Saya sudah ubah port nya jalan tuh Apache, tapi begitu buka browser http://localhost/xampp error

    “HTTP Error 404.0 – Not Found
    The resource you are looking for has been removed, had its name changed, or is temporarily unavailable.”

    Kenapa ya.. padahal apache di xampp udah jalan.

  9. berkata

    apabila port default untuk apache sudah terpakai (port 80), agan bisa menggantinya dengan port yang masih belum terpakai seperti info dari agan admin dan agan abi…
    agan kudu modif dikit url-nya jadi :localhost:x , x=port baru yang agan pilih , mis; port 85 ..menjadi : localhost:85/index.php

    • berkata

      Thanks masukannya gan.. Moga bisa bermanfaat buat yang lain.. Secara banyak yang bilang kalau pakai cara ganti port masih belum bisa jalan XAMPP nya..

      Sekali lagi makasih.. makasih..

    • berkata

      Kalau saya biasanya manual mas. Jadi kalo udah nyoba satu port ternyata ngga bisa, saya ganti pakai angka lain. Gitu, hehehe. Pokoknya try try and try terus.. :)

  10. syahrul berkata

    pa, kenapa program aplikasi saya tidak jalan, dulunya sebelum saya install ulang xamppnya, aplikasi program yang saya buat jalan.

    • berkata

      Wokkee.. sama-sama ya.. semoga tips cara mengatasi apache yang ngga bisa jalan di XAMPP ini bermanfaat.. disamping itu ada baiknya juga di compare kan sama cara cara yang lain, tanya mbah google aja.. kalo ada cara lain, juga bisa disampaikan disini.. makasih sudah mampir.. :)

  11. berkata

    Saya nginstall xampp versi ini : xampp-win32-1.8.1-VC9-installer di windows 8 dan berhasil dengan tips di atas, thanks ilmunya.. buat yg belum berhasil coba periksa versi xampp-nya, mungkin bisa cocok dgn versi yg ini, semoga membantu. Salam.

    • berkata

      Makasih mas buat tips-tips nya.. Sangat bermanfaat buat temen-temen yang berkunjung kesini dan yang mungkin juga mengalami kendala ketika menjalankan XAMPP nya..

  12. yuly berkata

    thank yach mas alahamdllh bsa jalan..? padahal aq da bgung bgt td,, mw tanya tmen g smpt lg… x lg mkasi bgt lh mas tips2ny..

    • berkata

      Hehehe, akhirnya bisa menemukan solusi sendiri ya mba.. Mantab lah.. Maaf telat balesnya.. Tapi yang penting kan XAMPP nya udah jalan to?

      Sukses selalu..!

    • Julian berkata

      Gak bentrok kok.. ane juga pake Vmware.. tdinya jg gx bsa.. tp pas ane pake ni trik jadi bisa lagi..

    • berkata

      Apa sudah dicek versi XAMPP nya mas? Usahakan pakai yang versi terbaru. Sama port nya juga, ada baiknya diperiksa, barangkali sudah terpakai oleh aplikasi lain.

  13. berkata

    Bang kalau salah masukkan alamat URL di wordpress offline gimana cara ubahnya, soalnya hanya karena salah masukkan url web saya tidak bisa di buka di localhost? Tq

    • berkata

      Waduh Bang Bonny, kalau yang ini agak berat. Harus mau merunut dan harus teliti. Ada baiknya ingat ingat dulu, nama URL apa yang udh dimasukkan. Buka database yang dipakai pakai aplikasi seperti Notepad++, gunakan fitur “find & replace” untuk mengganti nama domain yang tadi salah dengan “localhost/nama_folder”

      *) Ganti “nama_folder” dengan tempat folder abang menginstall WordPress offline nya.

  14. berkata

    gan, tomcat nya ini perlu di jalanin . kok gak bisa buka database ya? pesan error nya sih ini “Service was NOT (un)installed!
    16:07:05 [Tomcat] Tomcat Started/Stopped with errors, return code: -1073741510
    16:07:05 [Tomcat] Make sure you have Java JDK or JRE installed and the required ports are free
    16:07:05 [
    Tomcat] Check the “/xampp/tomcat/logs” folder for more information
    ” thanks

    • berkata

      Waduh, maaf sekali om gan. Saya belum pernah ngalamin yang seperti itu, jadi juga belum tahu gimana solusinya. Mungkin bisa cari informasi lagi tentang XAMPP error di google yah. Kalo saya nemuin caranya duluan, insya Allah nanti saya update di comment ini.. :(

      Makasih….

  15. richardo berkata

    misi, mau nanya tau jalanya localhost itu dari mana ya ? saya coba jalanin xampp_startnya dan saya coba masukin url localhost:8088, kemudian dia langsung buka url localhost:8088/xampp apa itu uda jalan ya?

    • berkata

      Setahu saya, angka port tidak akan kelihatan di Address Bar atau di URL link mas, jadi itu hanya ada di settingan port preference XAMPP nya.. CMIIW :)

  16. iyan Jek-One berkata

    alhamdulilah akhirnya bisa kepake juga xamppnya dan bisa jalan bareng dengan sql server 2008, trims gan atas solusinya. Tahapan yg ane pake cuma sampe tahap kelima aja udah bisa jalan lancar, ane pake xampp 1.7.0

  17. dodi berkata

    gan mau tanya, ane kan ada lptop nah laptop itu make aplikasi xamp,, nah di komptr make appachetriad,, nah ada contoh website itu bkinnya kan make appache runing di komptr ,,
    nah pas ane copy databse’a n folder’a , nah runing sih ,tapi bnyk yg eror” , ada gambar yg gk muncul dll..
    kenapa ya? apakah karena perbedaan aplikasi jadi beda kodingannya ,, trz cara mengatasinya gimana ??

  18. berkata

    Gan cara mengkonfigurasikan tomcat di xampp bagaimana? Tiap di start ga mau running, yg kebuka cuma home catalina _bat, gmana caranya supaya tomcatnya running?

    • berkata

      Maaf mas bro. Sebetulnya aya belum pernah nyoba Tomcat di XAMPP. Tetapi setau saya, kalau semua pilihan di XAMPP itu di klik semua, maka harusnya akan aktif dengan sendirinya. Begitulah kira-kira..

  19. berkata

    masalahnya sama dengan yang laen mas,,,xampp saya tidak bisa running padahal svc sudah terceklis,,,

    klo di uninstal ulang database yang saya buat akan hilang tidak ?
    terus cara instal ulang xampp yang benar gimana biar apache saya jalan :D,, mohon solusinya :D

  20. berkata

    kang mau tanya saya kan msh pke window xp , , pke xampp versi 2.3 (2006) pas d aktfkn gak bsa running , , padahal port’y udah d ganti menurt petunjuk d artikel ini
    solusi’y gmn ya kang?? pa harus ganti pke versi yg bru?? klo ganti versi kira” yg cocok versi pa . .

    mohon jawab’y kang .

  21. berkata

    Smua langkah usah saya coba, tapi masih ga bisa dan tampilnya ERROR Apache seervice not started [-1]
    itu maksudnya apa ya?

  22. berkata

    terima kasih gan infonya,udah bisa ni pake xampp yg terbaru juga versi 4.2.3 masih sama caranya mungkin kalo gagal ada yg salah aja dari prosedurnya kurang teiti..
    tanks :D

  23. Faisal Yusuf berkata

    Alhamdulillah.. solusi dari mas bekerja dgn baik, apache sudah bisa di running.

  24. berkata

    11:36:58 AM [Apache] Status change detected: stopped
    11:36:58 AM [Apache] Error: Apache shutdown unexpectedly.
    11:36:58 AM [Apache] This may be due to a blocked port, missing dependencies,
    11:36:58 AM [Apache] improper privileges, a crash, or a shutdown by another method.
    11:36:58 AM [Apache] Press the Logs button to view error logs and check
    11:36:58 AM [Apache] the Windows Event Viewer for more clues
    11:36:58 AM [Apache] If you need more help, copy and post this
    11:36:58 AM [Apache] entire log window on the forums

    ini gmna gan pliss,
    mo ngerjain php

Tinggalkan Balasan →